Beranda | Artikel
Fatwa Ulama: Benarkah Salafi Itu Bermadzhab Hambali?
Rabu, 15 Januari 2014

Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baz

Soal:

Apakah benar bahwa Salafiyyun itu orang-orang yang bermadzhab Hambali saja? Apa sebenarnya hakikat Salafiyyah? Apakah Salafiyah itu identik dengan keras dan kaku sebagaimana yang digembar-gemborkan sebagian orang?

Jawab:

Perkataan ini tidaklah benar. As Salafus Shalih adalah para sahabat Nabi radhiallahu’anhum serta orang-orang yang menjalani jalan mereka dalam beragama, termasuk di dalamnya para tabi’in, atba’ at tabi’in, juga madzhab Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali dan yang selain mereka yang berjalan di atas al haq dan berpegang teguh pada Al Kitabul Aziz dan Sunnah At Muthahharah. Baik dalam bab Tauhid, bab Asma Wa Shifat, maupun semua perkara agama lainnya.

Semoga Allah memberikan taufiq kepada seluruh kaum muslimin, baik para pemimpin maupun rakyatnya, dimana pun mereka berada, semoga mereka diberi taufiq untuk berpegang teguh dan berhukum pada Al Kitabul Aziz dan Sunnah Nabinya Al Amin. Serta semoga senantiasa dijauhi dari hal-hal yang menyimpang dari Al Qur’an dan As Sunnah. Sesungguhnya Allah Maha Penolong dalam tercapainya hal ini dan Maha Kuasa untuk mewujudkannya. Wallahu waliyyut taufiq.

 

Sumber: http://www.binbaz.org.sa/mat/2067

Penerjemah: Yulian Purnama

Artikel Muslim.Or.Id

🔍 Arti Shadaqallahul Adzim, Riwayat Hidup Abu Bakar As Siddiq, Bolehkah Orang Kristen Mengucapkan Assalamualaikum, Hukum Onani Dalam Islam


Artikel asli: https://muslim.or.id/19634-fatwa-ulama-salafi-itu-bermadzhab-hambali.html